Senin, 11 Oktober 2010

Mata Pelajaran Komputer untuk SD

Pelatihan Komputer Untuk Anak Sekolah Dasar





Bertempat di Laboratorium Komputer 4, saya bersama dengan temen-temen Team berkesempatan untuk mengajarkan komputer pada Anak-anak sekolah Dasar yang ada di Kota Bandung, ada beberapa sekolah yang di Undang dalam acara ini, dimana tiap sekolah mengirimkan 3 orang perwakilan Siswanya untuk kami ajarkan sesuatu yang rada Araraneh hehhehe dari mulai Booting, Writing, Googling, Chatting, Programming, pokoknya semuanya seru banget.
Disini anak-anak diajarkan dari mulai menghidupkan komputer (Booting), pengoperasian dasar komputer, dan terakhir harus bisa mematikan komputer tersebut (shutdown), cara mematikan komputernya tidak di tiup atau di kepret air kaya matiin kompor.
Setelah pahan dengan pengoperasian komputer dasar, kemudian kami ajak anak-anak untuk belajar menulis (editing), memformat tulisan, memformat paragraph sampai membuat laporan tugas sekolah.
Selanjutnya setelah mereka menguasai Writing, kemudian kami ajak mereka untuk memahai seluk beluk, pembuatan tabel atau laporan-laporan dan hitungan sederhana dengan menggunakan Excel, dari laporan tersebut kemudian dibuat Graphicnya.
Materi berikutnya masih menanti, mereka kami ajarkan juga bagaimana menggambar dengan menggunakan Komputer, bagaimana Croping, copy, Cut, Paste, ngasih background, ngasih gradasi warna dll


Setelah beres dasar-dasar tadi, baru dilanjutkan dengan belajar mencari informasi di Internet dengan bantuan GOOGLE, saya bilang semua informasi yang ingin dicari bisa dilakukan dengan menggunakan mesin Pencari ini, "Saya tersenyum ketika ada anak yang mengetikan keyword "Siapa calon pacar saya ?" .


Materi berikutnya lagi adalah mengenalkan anak-anak pemrograman, dari mulai html, javascript, php,mysql,perl,ajag, jsp dll
Mengejarkan komputer kepada anak-anak ternyata lebih mudah dibandingkan dengan mengajarkan komputer pada ibu-ibu...



dalam tempo 4 jam semua materi tersebut kita ajarkan kepada mereka